GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin selesainya pembangunan waduk di Bogor akan mengurangi limpahan air yang mengalir ke sungai-sungai di Jakarta.


Dengan demikian tuntasnya satu langkah tersebut dapat meminimalisir kejadian banjir.


Hal ini diungkapkannya saat menanggapi kembali terendamnya warga Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu akibat luapan air dari saluran penghubung.


“Tentu, karena itu mudah-mudahan dengan tuntasnya tanggul yang sekarang dibangun di Bogor ada dua, Insya Allah ketika itu selesai akhir tahun ini, maka volume air yang turun ke Jakarta akan turun 30%,” kata Anies, Senin (1/4).


Ia mengungkapkan tanpa waduk tersebut, sebesar apapun upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan dapat mengurangi banjir


Baca juga : Tanggul Jebol Kali Cakung Ditutup Ratusan Karung Pasir .


“Dengan turun 30% maka proses retensi akan bisa lebih baik. Karena selama di sana tidak tertangani, maka volume sebesar apapun akan selalu mengalami limpahan yang besar. Justru yang paling penting tanggul sana selesai,” ujarnya.


Di sisi lain, Anies masih belum mau mendetailkan rencana normalisasi kali yang sebelumnya sempat diupayakan oleh pemimpin Jakarta terdahulu.


“Nanti harus ada penataan. Tapi kita kerjakan satu-satu,” tukasnya.


Sementara itu, ia telah mendapatkan laporan perihal banjir yang menggenangi Jatipadang tersebut dari Wali Kota Jakarta Selatan Marullah.


Ia mengungkapkan dampak banjir sempat membuat warga mengungsi. Pemerintah Kota Jaksel pun sudah mendistribusikan bantuan kepada warga yang mengungsi.


Namun, warga yang mengungsi bertahap meninggalkan pengungsian setelah air surut. (OL-8)

Source