Nampaknya, apa saja yang dilakukan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan terus menjadi sorotan publik. Pada perayaan Idul Fitri ini, setidaknya ada dua berita yang viral di media soasial terkait dengan Anies Baswedan, takbiran dan peci Anies.

Perayaan Idul Fitri 1440 H ini, Gubernur DKI Jakarta mengizinkan rakyat Jakarta untuk melakukan takbir keliling. Dalam penjelasannya di televisi Nasional, Anies mengatakan, izin takbiran keliling ini memiliki pesan, Anda adalah tuan rumah di tanah anda sendiri. Takbiran adalah kebiasaan masyarakat yang akan difasilitasi oleh pemda, jangan sampai warga Jakarta seperti tamu di tanahnya sendiri, karena takbiran yang menjadi kebiasaannya dikarang. Katanya.

Sebagaimana diketahui, gubernur sebelumnya, Basuki Cahya Purbama, atau Ahok melarang takbiran keliling di Jakarta. Namun, oleh gubernur saat ini diizinkan, dan bahkan dipandu oleh pemprof melalui dinas perhubunhan. Dengan begitu, kata Anis Bswedan, tradisi takbiran keliling Jakarta terjaga dan masyarakat merasa berada di tanahnya sendiri.

Selain kebijakan takbiran keliling, Anies Baswedan mendadak jadi sorotan. Kali ini dari Peci Gubernur DKI Jakarta yang ternyata menyimpan uang ratusan ribu.

Anies mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu yang diselipkan di peci miliknya untuk dibagikan kepada anak-anak saat merayakan Hari Raya Idul Fitri, Rabu (5/6/2019).

Membagi-bagikan uang adalah kebiasaan yang dilakukan para orang tua kepada anak-anak setiap Hari Raya Lebaran. Biasanya tradisi itu dilakukan ketika berlangsung saling kunjung ke rumah kerabat dekat atau tetangga.

Nah, Tradisi itu juga dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Bedanya, ia melakukannya ketika bersilaturahmi dengan keluarga pegawai Pemprov DKI Jakarta dan warga umum di halaman Balaikota Jakarta, usai salat Id, Rabu pagi (5/6).

Setiap ada anak kecil di depannya, Anies langsung membuka peci hitam di kepalanya. Kemudian tangan Anies tampak mengambil sesuatu di dalam peci yang tak lain adalah lembaran uang Rp 50 ribu untuk diberikan ke tiap anak kecil yang menyalamnya.

Kepada wartawan yang memperhatikan, Anies berujar hal itu merupakan tradisi yang dulu dilakukan oleh mendiang ayahnya. Ia hanya berusaha meneruskan tradisi tersebut.

Anies mengaku sudah mempersiapkan uang Lebaran khusus untuk anak-anak kecil yang menyalaminya di Balaikota. Yang ia taruh di pecinya adalah 50 ribuan sebanyak 12 lembar. Berarti ada 600 ribu di peci Anies.

600 ribu tersebut, habis dibagikan. “Untung ada ajudan membawa stok.” Ucap Anies

source

Some local news is curated – Original might have been posted at a different date/ time! Click the source link for details.

Source