Jakarta

– Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan angka inflasi bulan Juli 0,28%. Angka ini disumbang oleh kenaikan harga bensin, harga telur ayam ras dan daging ayam ras.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan memang ada kenaikan pada harga bensin jenis Pertamax. “Ada kenaikan harga Pertamax pada 1 Juli. Nah kenaikan harga bensin ini menyumbang inflasi 0,06%,” ujar Suhariyanto dalam konferensi pers di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Seperti diberitakan detikFinance sebelumnya, bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex naik pada Minggu, 1 Juli 2018.

Saat ini, di SPBU Pertamina harga Pertamax Rp 9.500/liter atau naik Rp 600. Pertamax Turbo Rp 10.700/liter atau naik Rp 600. Pertamina Dex Rp 10.500/liter atau naik Rp 500.

VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito naiknya harga Pertamax Cs mempertimbangkan harga minyak mentah dunia yang semakin tinggi. Apalagi, harga minyak saat ini sudah menyentuh level US$ 75 per barel.

Meski demikian, dia mengatakan, tak semua wilayah harga Pertamax-nya naik. Dia menuturkan, beberapa wilayah di Indonesia bagian timur seperti Papua dan Maluku justru mengalami penurunan harga. “Ada yang turun, di daerah Papua, Maluku, Maluku Utara, NTT itu turun,” tutupnya.

Tonton juga video: ‘Jokowi Ingin Inflasi RI 1-2% Seperti Negara Maju’

[Gambas:Video 20detik]
Kenaikan Harga Bensin Bikin Inflasi 0,28%

(dna/dna)

Source