JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini, 17 April 2019, seluruh rakyat Indonesia akan memilih pemimpin untuk lima tahun ke depan. Termasuk, kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden, juga akan menggunakan hak pilihnya.

Di mana saja mereka akan mencoblos?

Berikut daftarnya:

Pasangan calon 01


Joko Widodo

TPS 008 Gambir
Lokasi: Pelataran Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jalan Veteran Raya, Jakarta Pusat.

Ma’ruf Amin

TPS 051 Koja
Lokasi: Jalan Deli Lorong 27, RT 007/008, Koja, Jakarta Utara.

Pasangan calon 02

Prabowo Subianto

TPS 041 Hambalang
Lokasi: Desa Bojong Koneng, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sandiaga Uno

TPS 002 Selong
Lokasi: Jalan Sriwijaya 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Kegiatan setelah mencoblos

Setelah mencoblos, ada macam-macam kegiatan yang akan dilakukan para pasangan calon presiden dan wakil presiden ini.

Jokowi, misalnya, tidak memiliki agenda khusus setelah mencoblos di Gambir. Dia pun berseloroh hanya ingin istirahat setelah mencoblos nanti karena padatnya kegiatan selama ini.

“Setelah nyoblos, tidur saja. Capek,” ujarnya sambil tertawa.

Sementara Ma’ruf setelah menggunakan hak suaranya, dijadwalkan memantau hasil Pemilu 2019 di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta. Ma’ruf tidak berencana untuk berkumpul bersama calon presiden Joko Widodo dan petinggi partai politik pengusung.

Sedangkan Prabowo, setelah mencoblos rencananya akan berangkat menuju kediamannya yang lain di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan untuk memantau hasil quick count. Namun, agenda ini masih tentatif.

Sandiaga Uno, beda lagi. Jadwalnya padat sejak pagi hari sebelum mencoblos di TPS dekat rumahnya. Sebelum menuju TPS, Sandiaga akan sungkeman ke rumah orang tuanya Mien Uno dan Henk Uno di Galuh, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, Sandi akan menggunakan hak pilihnya di TPS 002 Selong. Selanjutnya Sandi akan berkunjung ke TPS 02 di belakang SMK 15 Kebayoran Baru. Dan terakhir, Sandi akan mengunjungi posko monitoring relawan di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru.

Source