Jakarta


Gubernur DKI Jakarta

Anies Baswedan

telah menerima desain

Kampung Akuarium

, Jakarta Utara. Anies senang karena desain itu adalah hasil musyawarah antara pemerintah dengan masyarakat.

“Jadi desain untuk Kampung Akuarium sudah diterima. Ini adalah desain hasil musyawarah masyarakat. Nanti kita bahas dulu di kita, desainnya bagus, bukan hanya bagus karena artistik, tapi karena bagus membangun ekosistem kampung,” kata Anies kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Anies menyebut penataan Kampung Akuarium memperhatikan proses interaksi masyarakat. Mantan Mendikbud itu juga meyakini ekonomi warga Kampung Akuarium membaik.

“Masyarakat satu sama lain berinteraksi, sebagai salah satu daerah wisata juga hidup, kegiatan perekonomian juga bergerak, itu rencana yang menarik,” kata Anies.

Desain Kampung Akuarium ini selanjutnya akan dibahas internal Pemprov DKI. Setelah itu, baru diputuskan terkait pembangunannya.

“Nanti, kita akan bahas di tata ruang kita. Kemudian baru kita putuskan pelaksanaannya seperti apa,” ucap Anis.

Sebelumnya, Anies berjanji akan menata Kampung Akuarium yang digusur oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) alias BTP saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Kini, pemerintah menyediakan permukiman sementara untuk warga Kampung Akuarium.

“Ini secara umum warga di sini, (tinggal) dari puing-puing menjadi tempat ini mereka bersyukur, tetapi PR kami belum selesai. Jadi, kami masih harus menuntaskan rencana rumahnya. Kemudian pembangunan rumahnya, pembangunan lingkungannya bahkan memastikan tidak ada lagi anak yang putus sekolah. ini PR-nya masih banyak,” ujar Anies saat mengunjungi shelter Kampung Akuarium, Selasa (14/4/2018).

(aik/zak)

Source